BeritaBinkamLombok BaratPatroli

Pengamanan di Pelabuhan Lembar, Upaya Cegah Pungli

×

Pengamanan di Pelabuhan Lembar, Upaya Cegah Pungli

Sebarkan artikel ini
Pengamanan di Pelabuhan Lembar, Mulai Penjagaan Hingga Kegiatan Patroli
Pengamanan di Toll Gate Pelabuhan Lembar. FOTO: Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar

Lombok Barat, NTB –  Upaya cegah pungli, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, melakukan pengamanan, Mulai Pintu Masuk dan Patroli di Area Pelabuhan, Rabu (1/2/2023).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar  Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.K., mengatakan kegiatan pengamanan di Wilayahnya cukup Kompleks.

“Mulai dari antisipasi aksi calo dan premanisme, pemeriksaan orang dan barang bawaan, serta memantau situasi terkini di Pelabuhan,” ungkapnya.

Seperti halnya dalam pengamanan pembelian tiket dan monitoring Pelaksanaan Penerapan aplikasi Peduli Lindungi. Serta Pemberlakuan SE Satgas Covid-19 no 21 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada masa Pandemi di  Pelabuhan PT ASDP Lembar.

“Melaksanakan pengamanan pembelian tiket di toll gate pelabuhan PT. ASDP Lembar untuk mengantisipasi adanya premanisme dan calo,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga memonitoring scan bardcode aplikasi Peduli Lindungi, serta melakukan Pemeriksaan Surat -Surat Kendaraan (SIM dan STNK).

“Tujuannya adalah, untuk memberikan rasa aman kepada pengguna jasa kapal yang hendak membeli tiket,” katanya.

Selain itu juga melakukan Pengecekan Surat Keterangan Rapid Tes antigen dan sertifikat vaksin minimal tahap I/dosis pertama. Bagi penumpang perorangan, pengguna Roda Dua dan Rroda empat  serta memberikan himbauan untuk tetap mematuhi protokol Kesehatan.

“Guna  mencegah penularan Covid-19,” ujarnya.

Kemudian melanjutkannya dengan patroli Patroli Blue Light Pelabuhan ASDP Lembar dan Pelabuhan Pelindo III Lembar.

“Bagian dari menindaklanjuti atensi dari Bapak Kapolda NTB terkait dengan antisipasi terjadinya Pungutan Liar (pungli),” katanya.

Dalam kegiatan patrol tersebut, berdialogis dengan pengguna Jasa guna mencegah Pungutan Liar dan Premanisme.

“Sejauh ini masih dalam keadaan landai, aktifitas di Pelabuhan berjalan normal dan kondisif serta tidak menemukan keluhan pengguna jasa,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *