BeritaBinkamBudaya

Tadisi Adat Nyongkolan di Desa Kuripan Berjalan Tertib, Dengan Iringan Gendang Beleq

×

Tadisi Adat Nyongkolan di Desa Kuripan Berjalan Tertib, Dengan Iringan Gendang Beleq

Sebarkan artikel ini
Tadisi Adat Nyongkolan di Desa Kuripan

Lombok Barat, NTB – Polsek Kuripan, melaksanakan kegiatan pengamanan Tadisi Adat Nyongkolan di Wilayah Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (11/2//2023).

Kapolsek Kuripan, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu Sutrisno memastikan, dalam kegiatan pengamanan di Kuripan seluruhnya kondusif.

“Hari ini melaksnaakan pengamanan kegiatan Masyarakat yang melaksanakan Tadisi Adat Nyongkolan di wilayah Hukum Polsek Kuripan,” ungkapnya.

Personil Polsek Kuripan melaksanakan pengamanan kegiatan tradisi adat nyongkolan di Dusun Dasan geres Pande, Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan, Lombok Barat.

“Iring-iringan nyongkolan ini menggunakan jalan desa, sehingga kita antisipasi sega potensi kerawanannya,” katanya.

Sebanyak lima Personil melaksanakan kegiatan Pengamanan tersebut, untuk mengantisipasi kerawanan kamtibmas.

“Dengan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan dan pengguna jalan dapat melalui jalan raya dengan aman  dan lancer,” jelasnya.

Kegiatan Tadisi Adat Nyongkolan dari Dusun Iting Langgem Desa Kuripan Utara menuju Dusun Dasan Gres Pande Desa Jagaraga. Menggunakan jalur jalan Desa Dusun Dasan Geres Pande, dengan menggunakan alat musik Gendang Beleq.

“Sedangkan untuk etimasi warga yang mengikuti giat adat nyongkolan tersebut, memperkirakannya kurang lebih 150  orang,” imbuhnya

Seluruh kegiatan berjalan dan berakhir dengan situasi terpantau dalam keadaan aman dan kondusif dan berakhir pada pukul 18.00 wita.

“Seluruhnya berjalan aman dan lancar, untuk kegiatan pengamanan, selain melibatkan Bhainkamtibmas setempat juga anggota jaga membackupnya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *