Breaking News

Komitmen Polsek Labuapi: Tradisi Nyongkolan Berjalan Lancar dan Aman

×

Komitmen Polsek Labuapi: Tradisi Nyongkolan Berjalan Lancar dan Aman

Sebarkan artikel ini
Polsek Labuapi Jaga Kelancaran Tradisi Adat Nyongkolan

Labuapi, Lombok Barat – Polsek Labuapi, Polres Lombok Barat, Polda NTB, kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelancaran dan keamanan kegiatan masyarakat. Pada hari Minggu (21/04/2024), menerjunkan personel Polsek Labuapi untuk memantau dan mengamankan dua kegiatan Tradisi Adat Nyongkolan di wilayah hukumnya.

Kapolsek Labuapi, Iptu I Made Dwi Putrayasa S.H., menjelaskan bahwa kegiatan pengamanan ini untuk memastikan kelancaran dan keamanan Tradisi Adat Nyongkolan yang oleh ratusan masyarakat mengikutinya. “Kami ingin memastikan bahwa tradisi ini dapat berlangsung dengan aman dan kondusif, tanpa ada gangguan,” ujarnya.

Dua Rute Nyongkolan Diamankan

Personel Polsek Labuapi mengamankan dua rute Nyongkolan yang berbeda, yaitu:

  1. Rute Pertama: Dari Dusun Kelongkong Desa Kuranji menuju Dusun Kuranji Dalang Desa Kuranji Dalang Kec. Labuapi Kab. Lombok Barat. Rute ini memulainya dari Jalan Padang Abdul Aziz Desa Kuranji menuju ke arah utara Dusun Kelongkong perbatasan Desa Kuranji dengan Desa Kuranji Dalang. Tradisi Nyongkolan ini menempuh jarak sekitar 500 meter dengan berjalan kaki, mendapat iringan 2 alat musik Gendang Beliq dan Kecimol, dan beserta sekitar 150 peserta. Rute ini berakhir di Lapangan umum Dusun Kelongkong Desa Kuranji perbatasan Desa Kuranji Dalang Kec. Labuapi Kab. Lombok Barat.

  2. Rute Kedua: Dari Dusun Karang Sembung Desa Merembu Kec. Labuapi menuju Dusun Labuapi Desa Labuapi Kec. Labuapi Kab. Lombok Barat. Rute ini memulainya dari Kantor Perijinan Kab.Lobar Dusun Labuapi Utara menuju ke arah selatan di Jl. TGH. Lopan Labuapi. Tradisi Nyongkolan ini menempuh jarak sekitar 500 meter dengan berjalan kaki, diiringi alat musik Gendang Beliq, dan dengan sekitar 150 peserta. Rute ini berakhir di Depan Lapangan Polly Dusun Labuapi Utara Desa Labuapi Kec. Labuapi Kab. Lobar.

Pengamanan Berjalan Lancar

Berkat kesigapan dan profesionalisme personel Polsek Labuapi, kedua kegiatan Tradisi Adat Nyongkolan tersebut berjalan dengan lancar dan aman. “Situasi di kedua lokasi terpantau aman dan kondusif,” ungkap Kapolsek Labuapi.

Kapolsek Labuapi juga mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan tersebut. “Kerjasama yang baik antara Polri dan masyarakat merupakan kunci utama dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif,” pungkasnya.

Upaya Polsek Labuapi dalam Melestarikan Budaya Lokal

Pengamanan Tradisi Adat Nyongkolan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Polsek Labuapi dalam mendukung dan melestarikan budaya lokal. Tradisi Nyongkolan merupakan bagian penting dari budaya masyarakat Sasak di Lombok Barat, dan Polsek Labuapi akan terus berusaha untuk menjaga dan melestarikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *