BeritaBinkam

Polsek Gerung Gelar Sosialisasi Karhutla, Warga Aik Ampat Diajak Jaga Lahan

×

Polsek Gerung Gelar Sosialisasi Karhutla, Warga Aik Ampat Diajak Jaga Lahan

Sebarkan artikel ini
Polsek Gerung Ingatkan Bahaya Karhutla

Gerung, Lombok Barat – Polsek Gerung menggelar sosialisasi dan himbauan terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Lingkungan Aik Ampat, Kelurahan Dasan Geres, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Polsek Gerung, warga pemilik lahan, dan masyarakat Lingkungan Aik Ampat.

Dalam sambutannya, Kapolsek Gerung, Iptu I Kadek Sumerta, SH, mengatakan bahwa sosialisasi karhutla ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang bahaya dan dampak karhutla.

“Kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana alam yang dapat menimbulkan kerugian besar, baik secara materiil maupun non materiil,” kata Iptu I Kadek Sumerta.

Ia menjelaskan, karhutla dapat terjadi karena berbagai faktor, antara lain faktor alam, faktor manusia, dan faktor kelalaian.

“Untuk mencegah terjadinya karhutla, kita harus bersama-sama menjaga dan mengelola lahan dengan baik. Jangan melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar,” tegas Iptu I Kadek Sumerta.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan melakukan pencegahan dini saat memasuki musim kemarau.

“Apabila mendapati warga yang membakar hutan maupun lahan sembarangan, segera laporkan kepada pihak yang berwenang,” kata Iptu I Kadek Sumerta.

Kegiatan sosialisasi dan himbauan karhutla ini mendapat sambutan positif dari masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih atas sosialisasi yang telah dilakukan oleh Polsek Gerung. Kami akan selalu waspada dan menjaga lahan kami agar tidak terjadi karhutla,” kata salah seorang warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *