Breaking News

Simulasi Pengaman MotoGP di Gilimas Lembar, Terapkan Pengamanan Standar Internasional

×

Simulasi Pengaman MotoGP di Gilimas Lembar, Terapkan Pengamanan Standar Internasional

Sebarkan artikel ini

Lombok barat, NTB – Setelah melaksanakan Simulasi Pengamanan Perhelatan MotoGP di pelabuhan Penyeberangan Lembar, kini personel Personel Gabungan TNI-Polri dan Otoritas pelabuhan Lembar, dan unsur terkait lainnya.

Dalam gladi simulasi pengamanan Perhelatan MotoGP 2022 di Pelabuhan Gili Mas Lembar ini, menerapkan pengamanan standar Internasional, yang diperkirakan banyak tamu asing yang masuk melalui lokasi ini.

Pada kesempatan itu, Irwasda Polda NTB Kombes Pol. Djoko Hari Utomo S.I.K., M.S.I mengatakan Perhelatan MotoGP 2022 ini yang pertama di Indonesia, sehingga masih banyak hal yang harus dilakukan.

“Untuk melakukan perbaikan, mengingat waktu tinggal Sembilan hari lagi, menuju hari H pelaksanaan event MotoGP, perhelatan ini akan kita hadapi setiap tahun selama sepuluh tahun kedepan,” ungkapnya, Rabu (9/3/2022).

Mengingat Lembar ini menjadi titik sentral nantinya, sehingga yang utama adalah harus menyinkronkan, tentang siapa berbuat apa, bertanggung jawab kepada siapa.

“Karena pengamanan ini tidak dapat berdiri sendiri, dimana semuanya memiliki peran untuk mensukseskan pengamanan perhelatan MotoGP ini,” ujarnya.

Harmonisasi menyangkut kerjasama, koordinasi, kolaborasi harus benar-benar dilaksanakan, mengingat perhelatan motoGp ini bukan hanya Nasional, tetapi merupakan perhelatan Internasional.

“Yang disaksikan oleh empat milyar penonton, baik secara langsung maupun tidak langsung di seluruh dunia,” katanya.

Untuk penonton yang secara langsung kurang lebih sebanyak 63 ribu sudah sold out pada race day, diperkirakan penonton pada hari pertama sebanyak 20 ribuan, hari kedua 40 ribuan, dan hari ketigga full 63 ribu.

“Disamping itu juga akan banyak pejabat negara yang akan menyaksikan langsung, termasuk Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo, yang akan menyerahkan tropy juara untuk para rider MotoGP,” imbuhnya.

Menurutnya, momen ini merupakan momen bersejarah, sehingga sangat mengharapkan kerjasama semua pihak, mengingat kondisi ketersediaan kamar hotel yang terbatas.

“Informasinya, kamar hotel yang ada di pulau Lombok sebanyak 20 ribuan, bahkan yang direncanakan disini dua Kapal yang akan dijadikan Hotel Terapung,” katanya.

Bila dilihat dari pengalaman perhelatan WSBK yang lalu, itu menjadi titik tolak masuknya kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat, yang menonton dari bali.

“Dalam melakukan antisipasi, tidak hanya pada situasi normal saja, tetapi ketika situasi kontijensi kita harus menyiapkan itu, yang tidak dapat kita prediksi seperti bencana alam maupun kondisikondisi lainnya,” jelasnya.

Sehingga Ini merupakan tanggung jawab bersama, dalam melaksanakan amanah oleh Negara sehingga harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Kita menunjukan kepada Dunia, mampu menunjukkan kepada dunia memberikan pelayanan terbaik kepada penonton, baik dari dalam Negeri maupun luar Negeri,” imbuhnya.

Dimana manfaat perhelatan MotoGP ini tentunya dapat meningkatkan perekonomian Masyarakat, seperti UMKM, dan ini sangat penting terutama dalam masa pandemic saat ini.

Sementara itu, Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK mengatakan Kegiatan simulasi di terminal Gili Mas  tidak jauh berbeda dari kegiatan simulasi di Pelabuhan Lembar.

“Namun adanya penanambahan terkait alur pelayanan, mengingat Terminal Gili Mas berbeda dengan Pelabuhan Lembar,” ungkapnya.

Terminal Gili Mas disipakan tiga pos terpadu dipintu masuk, yang bertugas bersama baik pengamanan dan pelayanan untuk  para tamu atau penonton.

“Sehingga dibutuhkan kerja sama yang baik, sehingga  semua mengetahui peran dan tugas fungsinya masing-masing,” tandasnya.

Adapun rangkaian simulasi Keberangkatan Internasional yang dilaksanakan diantaranya, Loby luar keberangkatan internasional dilakukan pengecekan oleh KKP dan Agen Tiket, Chekin Tiket dan Scan Barcode Peduli Lindungi di Loby Terminal Penumpang dan Pengecekan X-Ray Keberangkatan Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *