BeritaBinkamBreaking NewsLombok BaratSosial Budaya

Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak di Vihara Giri Ratana Surya Lenong Sekotong

×

Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak di Vihara Giri Ratana Surya Lenong Sekotong

Sebarkan artikel ini
Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak di Vihara Giri Ratana Surya Lenong Sekotong

Lombok Barat, NTB – Dalam Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak di Vihara Giri Ratana Surya Lenong Sekotong, mendapat penjagaan dari personel gabungan TNI-Polri, Senin (16/5/2022).

Kapolsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB Iptu I Kadek Sumerta menjelasakan pelaksanaan pengamanan di Lokasi ini.

“Vihara Giri Ratana Surya Lenong ini terletak di Dusun Makam Kedaro Desa Persiapan Belongas Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat,” ungkapnya.

Peringatan hari raya tri suci waisak umat budha di Vihara Giri Ratana Surya Lenong ini, dalam angka tahun buddhis ke 2566.

“Dalam rangkaian acara perayaan hari raya tri suci waisak mengawalinya pembacaan doa oleh Pandita Romo Resan, yang meimpinnya langsung.

Kemudian meditasi menjelang detik detik tri suci waisak 2022, para umat bhuda bermeditasi selama 15 menit.

Penyampaian  pesan pesan tri suci waisak rohaniawan Samanera Aggawasso sampaikan, yakni dengan tema moderasi beragama membangun kedamaian.

“Selama tiga tahun pelaksanaan hari raya tri suci waisak, kita tidak bisa laksanakan karena masih situasi pandemi covid-19,” ungkap rohaniawan Samanera Aggawasso.

Sehingga pada hari ini merupakan pertama kalinya mengadakan kegiatan hari raya tri suci waisak. Adapun dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat, perlunya menanamkan rasa toleransi antar umat beragama.

“Tidak saling bermusuhan antar umat beragama, menjaga kemanusiaan dan keseimbangan, memiliki rasa kasih sayang antar sesame. Agar tidak menyakiti saudara saudara  kita agar bisa hidup dalam kedamaian,” jelasnya.

Sehingga perlunya bersama menjaga kemanusiaan dan menjaga keseimbangan batin, menjaga ucapan dan perbuatan agar tidak timbul karma buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *