Lakukan Pengawasan Pesisir dan Perairan, Sat Polairud Polres Lobar Ingatkan Keselamatan

Lakukan Pengawasan Pesisir dan Perairan, Sat Polairud Polres Lobar Ingatkan Keselamatan

Lombok Barat, NTB – Personel Sat Polairud Polres Lombok Barat, Polda NTB secara rutin melakukan kegiatan Patroli dan Polmas di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, kamis (5/5/2022).

Kasat Polairud Polres Lombok Barat Iptu L. M. Ikhsan mengatakan, kegiatan terutama menyasar kepada lokasi-lokasi perairan dan pesisir.

“Untuk memastikan kondusifitas wilayah tetap terjaga, terutama di Wilayah Pesisir, Obyek Vital dan Perairan. Juga menyangkut dalam memantau cuaca di Perairan,” ungkapnya.

Menurutnya, ini untuk meniadakan gangguan kamtibmas seperti kecelakaan laut, maupun gangguan lainnya terutama di Kawasan perairan.

Menindaklanjuti ini anggota Jaga Kapal 2002, Kapal 1007 dan Kapal 2003 melaksanakan :kegiatan Patroli dan Polmas di seputaran Pelabuhan Pelindo III.

“Monitoring bongkaran pupuk, mengingatkan para Supir dan Buruh serta Masyarakat agar selalu menggunakan Masker, Menjaga Kamtibmas dan mengutamakan keselamatan,” ungkapnya.

Kemudian melanjutkannya dengan melaksanakan Pengecekan situasi, antisipasi aksi kejahatan serta memberikan Himbaun kepada Nelayan. Yang akan melaut dalam mencari Ikan, agar menggunakan Alat – alat Keselamatan.

“Seperti Life Jacket, Pelampung dan selalu memperhatikan Cuaca pada saat melaut, mengingat akhir-akhir ini cuaca tidak menentu,” imbaunya.

Sedangkan untuk situasi Perairan Lembar dan sekitarnya terpantau masih landai, cuaca cerah Kecepatan Angin 3 – 7 Knot. Ketinggian Gelombang Landai dan Keadaan Air Laut Pasang.

Pada lokasi lainnya yakni seputaran Pantai Senggigi, anggota Piket Jaga Kapal 1008 dan Rubber Boat melaksanakan Patroli Dialogis diseputaran Pantai Senggigi.

“Menghimbau kepada Pengunjung  Pantai Senggigi agar selalu menggunakan Masker, menjaga Kamtibmas dan memperhatikan keselamatan,” katanya.

Mengingatkan kepada para pengunjung untuk tetap memperhatikan barang bawaan, dan bagi orang tua agar pengawasan terhadap anak tidak terlepas.

“Antisipasi anak hilang maupun kecelakaan laut. Karena kondisi gelombang dan arus laut tidak dapat kita prediksi,” katanya.

Demikian juga terhadap nelayan yang akan melaut, mengingatkan agar menggunakan Alat – alat Keselamatan seperti Life Jacket, Pelampung.

“Juga agar selalu memperhatikan cuaca pada saat melaut, mengingat akhir – akhir ini cuaca tidak menentu,” tambahnya.

Untuk situasi di Perairan Senggigi dan sekitarnya terpantau landai, cuaca mendung dan Kecepatan Angin 3 – 8 Knot. Sedangkan gelombang Pinggir Pantai Landai dan Arus Laut saat ini sedang Pasang.

“Kemudian melanjutkannya dengan mengecek Posisi Alut Sat. Polairud Kapal 1008 dan Rubber Boat yang masih terikat aman di Moringnya. Selanjutnya Anggota Jaga Standby di Pos Airud Senggigi,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.