Beginilah Cara Kepala Sekolah SDN 13 Buwunmas Apresiasi Anak-anak Yang Antusias Divaksin

Kab. Lobar – Berbagai cara dilakukan guna menarik minat mengikuti vaksinasi Covid-19. Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 13 Buwunmas, para anak murid diminta untuk masuk sekolah memakai baju bertema adat sasak, cara ini dilakukan agar anak- anak antusias masuk sekolah dan tidak merasa takut ketika divaksinasi.

Kepala Sekolah SDN 13 Buwunmas L. Gunawan menyebutkan, gagasan trik ini agar anak-anak yang akan divaksin tidak merasa takut yaitu dengan memakai pakaian adat akan lebih tampak ceria, sehingga proses vaksinasi bisa berjalan dengan lancar. Selain itu pula, Mik Gun sapaan sehari-hari tampak selalu mendampingi anak didiknya upaya untuk memotivasi anak agar tidak takut di suntik vaksin. Orang tua juga tidak enggan atau tidak sungkan untuk membawa anaknya untuk divaksin di sekolah,” kata Kepala Sekolah SDN 13 Buwunmas.

“Dalam pelaksanaan cukup efektif karna ada beberapa anak yang tadinya takut untuk divaksin dengan dialihkan ke suasana ceria dengan kostum adat sasak itu membuat mereka lupa akan rasa takutnya,” lanjutnya.

Kegiatan vaksinasi ini diikuti oleh seluruh siswa yang berjumlah hanya 64 siswa, yaitu 64 siswa sudah tervaksin dosis pertama di bulan lalu, dan hari ini juga 64 siswa melakukan vaksinasi dosis kedua.

Sebelumnya pihaknya mengalami hambatan terkait ijin dari orang tua siswa utuk melakukan vaksinasi terhadap anak. Namun, berkaitan dengan hal tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Puskesmas Sekotong dan Kanit Binmas Polsek Sekotong untuk melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa, terkait pentingnya vaksinasi Covid-19 untuk anak.

“Ya ada memang sedikit (hambatan) kita, tapi sudah disosialisasikan sedemikian (rupa) dengan orang tua karena barangkali banyak denger isu yang kurang baik gitu untuk vaksin, tapi alhamdulilah disini (SDN) 13 Buwunmas berkat kesigapan dari Polsek Sekotong dan Puskesmas Sekotong juga semua memberikan sosialisasi kepada kami,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya pelaksanaan vaksinasi anak ini, masa pandemi Covid-19 bisa segera berakhir sehingga proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah dapat berjalan dengan lancar seperti sebelumnya.

“Kami yang berada di SD 13 Buwunmas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat daerah yang jangkauan transportasinya sangat sulit yang diakibatkan medan jalan menuju ke sekolah kami terjal berlumpur dan licin, kami hari ini bahwa vaksinasi untuk usia 6-11 tahun sudah menuju ke angka 100% tuntas, tentu ini adalah prestasi yang luar biasa,” ucap Kepala Sekolah SDN 13 Buwunmas (L. Gunawan), Kamis (10/3/2022).

Ia berharap, koordinasi yang telah terjalin antara Forkopimcam Sekotong bersama pihak lainnya dalam pelaksanaan vaksinasi bisa terus ditingkatkan, agar pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan dengan cepat.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para orangtua yang telah dengan antusias memberikan dukungan terhadap pelaksanaan vaksin usia 6-11 tahun juga kepada Polsek Sekotong, kepada Puskesmas Sekotong, kepada Kepala Dusun Panggang dan juga seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan ini,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *