Berita

Vaksinasi PMK Terhadap Hewan Ternak Sapi di Kandang Mandiri Desa Terong Tawah

×

Vaksinasi PMK Terhadap Hewan Ternak Sapi di Kandang Mandiri Desa Terong Tawah

Sebarkan artikel ini
Vaksinasi PMK Terhadap Hewan Ternak Sapi di Kandang Mandiri Desa Terong Tawah

Lombok Barat, NTB – Polsek Labuapi melakukan pemantauan terhadap kegiatan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak sapi di Wilayahnya. Kali ini berlangsung di Kandang Mandiri Desa Terong Tawah Kec. Labuapi Kab. Lobar.

Kapolsek Labuapi Iptu Agus Priyo Wahyono mengatakan jenis vaksin yang digunakan yakni Aftopor, dengan mekanisme kegiatan pemberian vaksinasi hewan ternak sapi.

“Tim medik veteriner melakukan pemberian vaksinasi pertama pada hewan sehat yang berada dalam radius kilometer dari hewan yang tertular dalam zona wabah PMK (apabila ada),” ungkapnya.

Melakukan vaksinasi PMK tiga kali pada tiap hewan ternak, vaksinasi kedua dilakukan sekitar empat minggu. Setelah vaksinasi pertama dan vaksinasi ketiga dilakukan enam bulan setelah vaksinasi kedua.

Baca Juga  Patroli Malam Polsek Labuapi, Berikut Lokasi-lokasi yang menjadi Sasaran Patroli

“Kegiatan tersebut dalam rangka menindaklanjuti hasil arahan pimpinan terkait pembahasan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK). Pada hewan dan sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 31 tahun 2022,” katanya.

Tentang penanganan wabah penyakit mulut dan kuku dan dalam kegiatan tersebut juga memberikan himbauan.

Kapolsek Labuapi bersama Bhabinkamtibmas Desa setempat dan personil yang terlibat dalam Ops Aman Nusa II Polda NTB memberikan himbauan kepada pemilik hewan ternak.

“Agar tidak terpengaruh dengan issu issu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Bilamana ada informasi terkait hewan ternak mati akibat di vaksin agar melaporkan segera. Kepada tim medik veteriner Kab. Lobar wilayah Tengah,” pungkasnya.

Secara keseluruhan dosis vaksin kedua di Kandang Mandiri  Dusun Jereng Kalijaga Desa Terong Tawah sejumlah 29 ekor.

Baca Juga  Patroli Intensif Polsek Gerung Sasar Taman Kota dan Fasilitas Publik

Sedangkan dosis vaksin kedua yang diberikan di Kandang Mandiri  Dusun Jereng Darmaji Desa Terong Tawah sejumlah 8 ekor.

Kemudian vaksin kedua yang diberikan di Kandang Mandiri  Dusun Jereng Mekar Desa Terong Tawah sejumlah 9 ekor.

Dosis vaksin kedua yang diberikan di Kandang Mandiri  Dusun Terong Tawah Presak Desa Terong Tawah sejumlah 5 ekor. Lalu di Kandang Mandiri  Dusun Terong Barat Desa Terong Tawah sejumlah 10 ekor.

Secara keseluruhan dosis vaksin kedua yang diberikan di Kandang Mandiri  Dusun Bagu Desa Terong Tawah sejumlah 19 ekor. Demikian juga dosis vaksin kedua yang diberikan di Kandang Mandiri  Dusun Kebon Sudak Desa Terong Tawah sejumlah 12 ekor.,

Baca Juga  Polres Lombok Barat Gelar Apel Kesiapan Personel dan Pengecekan Kesehatan Jelang Pemilu 2024

Serta dosis vaksin kedua yang diberikan di Kandang Mandiri  Dusun Muhajirin Desa Terong Tawah sejumlah 8 ekor.

“Total dosis vaksin kedua yang diberikan di Desa Terong Tawah sejumlah 100 ekor,” tandasnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Kasi Kesvet Distan Kab. Lobar Tri Any Rosyana, serta Fungsional Madya Drh. IPG. Parta Diana. Kemudian Kordinator BPP Kec. Labuapi I Putu Sueka Agung, S.ST beserta staf, serta Kepala UPT Puskeswan Wilayah Tengah Bambang Murdianto, SPT beserta Tim Vaksinator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *