Binkam

Polisi dan Masyarakat Bersatu dalam Program Jumat Curhat di Lombok Barat

×

Polisi dan Masyarakat Bersatu dalam Program Jumat Curhat di Lombok Barat

Sebarkan artikel ini
Polisi dan Masyarakat Bersatu dalam Program Jumat Curhat di Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Kasat Binmas Polres Lombok Barat AKP DANHIEL TRI NUGROHO IBI LONA, S.Sos melaksanakan Program Jumat Curhat Kapolres Lombok Barat di Dusun Kuranji Bangsal Desa Kuranji Dalang Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat pada hari Jumat tanggal 18 Agustus 2023 sekitar pukul 08.50 WITA. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui keluhan dan permasalahan yang masyarakat sekitar hadapi.

Dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas bersama Kanit Binpolmas Polres Lombok Barat IPDA I NYOMAN DANA. Hadir juga Kadus Kuranji Bangsal ROZIANSYAH, Komunitas Nelayan Dusun Kuranji Bangsal, Tokoh Masyarakat Dusun Kuranji Bangsal.

Dialog antara Kasat Binmas dan Warga

Kasat Binmas memperkenalkan diri sebagai perwakilan Kapolres Lombok Barat dalam pelaksanaan program Jumat Curhat. Ia menyampaikan bahwa program ini adalah salah satu upaya untuk menjalin komunikasi dan kerjasama antara polisi dan masyarakat. Ia mempersilahkan warga untuk menyampaikan keluhan dan permasalahan yang ada.

Baca Juga  Polsek Gerung, Perbanyak Himbauan, dalam Patroli Rutin di Seputaran Wilayah

Kadus Kuranji Bangsal ROZIANSYAH mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Kasat Binmas dan rombongan. Ia menanyakan cara menyampaikan permasalahan kamtibmas kepada pihak kepolisian maupun fasilitas apa yang tersedia untuk melaporkan permasalahan kamtibmas. Ia melaporkan adanya pemalakan yang terjadi di daerah pantai Dusun Kuranji Bangsal yang di lakukan oleh warga dari luar desa.

Haji Askur, salah satu nelayan Dusun Kuranji Bangsal mengeluhkan air pasang pantai yang terjadi sekitar bulan Juni yang membuat nelayan tidak bisa melaut dan perahu-perahu nelayan ditaruh di sepanjang jalan Dusun Kuranji Bangsal. Kejadian tersebut berdampak pada perekonomian warga sekitar. “Saya merasa kesulitan mencari nafkah karena tidak bisa melaut. Saya harap ada solusi untuk mengatasi permasalahan ini,” ujarnya.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Tangani Cepat Kasus Kecelakaan Lalulintas di Lembar

Saran dan Solusi dari Kasat Binmas

Kasat Binmas menanggapi permasalahan yang disampaikan oleh warga dengan memberikan beberapa saran dan solusi. Ia menyarankan warga untuk menyampaikan permasalahan kamtibmas melalui bhabinkamtibmas, polisi dusun, nomor kontak kapolsek Labuapi, maupun call center polsek Labuapi. Ia menjelaskan bahwa polisi dusun adalah anggota polisi yang bertugas di dusun selain bhabinkamtibmas, namun saat ini masih kekurangan personil.

Ia mengatakan bahwa permasalahan air pasang laut adalah ranah dinas sosial. Ia mengusulkan agar warga menganggarkan dana desa untuk bantuan sosial maupun mencari bantuan sosial dari instansi lain. Ia meminta warga untuk mengkomunikasikan dengan warga lain untuk lokasi parkir perahu yang tidak mengganggu aktivitas warga.

Ia menjanjikan akan menyampaikan adanya pemalakan terhadap pengunjung pantai kepada kapolsek maupun kapolres, untuk dapat meningkatkan patroli di daerah pantai Dusun Kuranji Bangsal dari polsek maupun dari polres.

Baca Juga  Polsek Labuapi Membangkitkan Kesadaran Tentang PMI Legal dan TPPO

Dukungan dan Apresiasi dari Kasat Binmas

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi, Kasat Binmas memberikan sarana kontak kepada komunitas nelayan dan pedagang Dusun Kuranji Bangsal. “Saya berharap dengan adanya program ini, kita bisa saling berbagi informasi dan membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat,” tuturnya.

Kegiatan Program Jumat Curhat Polres Lombok Barat selesai pukul 09.50 WITA berjalan aman dan lancar. Warga Dusun Kuranji Bangsal menyatakan rasa senang dan terbantu dengan adanya program ini. “Saya merasa lebih dekat dan nyaman dengan polisi. Saya berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan,” kata Haji Askur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *