Operasi

Deklarasi Pilkada 2024, Polres Lombok Barat dan Mahasiswa Siapkan Keamanan Menjelang Pilkada

×

Deklarasi Pilkada 2024, Polres Lombok Barat dan Mahasiswa Siapkan Keamanan Menjelang Pilkada

Sebarkan artikel ini
Deklarasi Pilkada 2024, Polres Lombok Barat dan Mahasiswa Siapkan Keamanan Menjelang Pemilu

Batulayar, Lombok Barat – Polres Lombok Barat melalui Subsatgas Preemtif Binmas melakukan upaya guna memastikan keamanan dan ketertiban, di Wilayahnya, Selasa (13/8/2024).

Adapun bentuk kegiatannya yakni silahturahmi serta deklarasi yang bertujuan untuk menciptakan suasana aman, damai, dan sejuk. Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Deklarasi Pilkada dan Silahturahmi dengan Mahasiswa

Acara utama Subsatgas Binmas adalah deklarasi Pilkada Serentak Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat 2024. Bertempat di Institut Agama Islam Komarul Huda Kampus Al-Halimi yang terletak di Desa Batulayar.

Kasi Humas Polres Lombok Barat, AKP I Gede Gumiarsana, mengtakan tujuan utama dari deklarasi ini adalah untuk mengajak mahasiswa. Untuk terlibat aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama periode pemilihan.

Baca Juga  Sipropam Polres Lombok Barat Awasi Ketat Pelaksaan Operasi Zebra Rinjani

“Pentingnya peran mahasiswa dalam menjaga keamanan menjelang Pilkada tidak dapat kita abaikan. Sebagai bagian dari generasi muda yang kritis dan berpendidikan, mahasiswa memiliki kapasitas untuk mempengaruhi opini public,” ungkapnya.

Selain itu, untuk mempromosikan keamanan melalui dialog dan partisipasi aktif. Melalui deklarasi ini, mahasiswa sehingga dapat memahami pentingnya peran mereka dalam menciptakan suasana Pilkada yang kondusif dan aman.

Peran Aktif dalam Menjaga Keamanan

Deklarasi ini juga melengkapinya dengan imbauan agar mahasiswa turut serta dalam menjaga ketertiban selama Pilkada.

“Kami berharap agar semua elemen masyarakat, khususnya mahasiswa, dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan menghindari potensi konflik,” ujarnya.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa proses pemilihan berjalan lancar tanpa gangguan yang dapat merusak kedamaian masyarakat.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu 2024

Selain itu, imbauan ini juga mencakup penghindaran dari hoaks dan informasi yang menyesatkan yang dapat memicu ketegangan.

“Dengan meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab sosial, mahasiswa dapat berperan sebagai agen perubahan yang positif dalam masyarakat. Terutama dalam konteks pemilihan Kepala Daerah yang dapat menjadi momen sensitive,” imbuhnya.

Menciptakan Suasana Kamtibmas yang Kondusif

Pihak kepolisian, melalui kegiatan ini, menekankan pentingnya kerjasama antara aparat keamanan dan masyarakat dalam menjaga keamanan wilayah Lombok Barat.

Kegiatan seperti deklarasi ini merupakan bagian dari strategi preventif yang dilakukan oleh Polres Lombok Barat. Untuk meminimalisir potensi gangguan dan memastikan Pilkada dapat berlangsung dengan aman, damai, dan sejuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *