Operasi

Kapolda NTB: Pilkada 2024 NTB Harus Kondusif, Siap Hadapi Segala Gangguan

×

Kapolda NTB: Pilkada 2024 NTB Harus Kondusif, Siap Hadapi Segala Gangguan

Sebarkan artikel ini
Kapolda NTB, Pilkada 2024 NTB Harus Kondusif, Siap Hadapi Segala Gangguan

Lombok Barat, NTB – Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2024 di NTB di Lombok Barat dalam menghadapi potensi gangguan kamtibmas.

Kapolda NTB, Irjen Pol. Drs. Umar Faroq, S.H, M.Hum, memimpinnya langsung di lapangan kantor Bupati Lombok Barat, Sabtu (10 /8/2024).

Menghadapi Potensi Gangguan Kamtibmas di Pilkada Serentak 2024

Dalam apel tersebut, Kapolda NTB, Irjen Pol. Drs. Umar Faroq, memberikan arahan terkait pentingnya kesiapan maksimal dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024.

Menekankan bahwa NTB merupakan wilayah dengan tingkat kerawanan yang cukup tinggi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Oleh karena itu, sangat memerlukan persiapan yang matang untuk mengantisipasi segala potensi gangguan yang mungkin terjadi sebelum, saat, dan setelah pemilu.

Baca Juga  Kegiatan Patroli Polsek Gerung, Pencegahan 3C yang Efektif

Data kerawanan Kamtibmas yang dilansir menunjukkan bahwa wilayah Polda NTB termasuk kategori rawan.

“Sedini mungkin kita harus mengetahui daerah mana dan siapa saja yang tidak menyukai keadaan kondusif seperti saat ini,” tegas Kapolda.

Oleh karenanya, kerjasama semua pihak, termasuk masyarakat, sangat penting untuk mencegah atau mengantisipasi gangguan Kamtibmas.

Kesiapan Sarana dan Prasarana dalam Pengamanan Pilkada

Salah satu fokus utama dalam apel ini adalah pengecekan kesiapan sarana dan prasarana dalam pengamanan Pilkada.

Kapolda NTB dan jajaran melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan peralatan yang akan mengerahkannya selama pelaksanaan Pilkada.

Pemeriksaan ini untuk memastikan bahwa semua unit siap menghadapi berbagai skenario yang mungkin terjadi selama proses pemilihan.

Baca Juga  Operasi Gatari Praja 2024, Polres Lombok Barat Siap Amankan Pilkada

Selain itu, dalam apel ini juga hadir berbagai instansi terkait, seperti BPBD dan Brimob, yang memiliki peran penting dalam penanganan bencana alam.

Kapolda NTB menekankan bahwa selain gangguan Kamtibmas, potensi bencana alam juga harus mengantisipasinya, mengingat NTB merupakan daerah yang rawan bencana.

Komitmen Menekan Angka Kriminalitas

Kapolda NTB juga menyampaikan pentingnya menekan angka kriminalitas selama Pilkada.

“Semua pihak harus berkomitmen untuk melaksanakan ini. Dengan harapan sebelum, saat berlangsung, dan pasca pemilu, situasi Kamtibmas tetap aman dan terkendali,” tambah Kapolda.

Upaya ini memerlukan sinergi antara aparat keamanan, pemerintah daerah, dan Masyarakat. Untuk menciptakan suasana yang kondusif selama proses pemilihan berlangsung.

Harapan Keberhasilan Pilkada Serentak 2024

Seluruh rangkaian Apel gelar pasukan ini berjalan sesuai rencana, menandakan kesiapan yang matang. Dari aparat keamanan dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024.

Baca Juga  Patroli Subsatgas Samapta di Kantor Bawaslu Lombok Barat

Kesiapan dalam apel gelar pasukan ini menjadi langkah awal yang penting. Untuk memastikan bahwa Pilkada Serentak 2024 di NTB dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan tanpa gangguan.

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, sehingga proses demokrasi ini dapat berjalan lancar, serta menciptakan lingkungan yang kondusif bagi masyarakat NTB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *