Berita

Patroli Subuh Polres Lombok Barat Tekan 3C dan Balap Liar di Jalan Lingkar Selatan

×

Patroli Subuh Polres Lombok Barat Tekan 3C dan Balap Liar di Jalan Lingkar Selatan

Sebarkan artikel ini
Patroli Presisi Subuh Polres Lombok Barat

Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat – Tim Patroli Perintis Presisi Satuan Samapta Polres Lombok Barat kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Pada Rabu, 19 Juni 2024, pukul 04.07 WITA, enam personel tim patroli melakukan giat preventif di sepanjang Jalan Lingkar Selatan (Bil 2), Kabupaten Lombok Barat.

Sasaran Utama: 3C, Kriminalitas, dan Balap Liar

Iptu Eko Nugroho, S.H., Kasat Samapta Polres Lombok Barat, menjelaskan bahwa patroli subuh ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk menekan angka kriminalitas, khususnya aksi 3C (Curat, Curas, Curanmor), serta mencegah aksi balap liar yang kerap meresahkan masyarakat.

“Kami fokus pada jam-jam rawan, di mana potensi terjadinya tindak kejahatan dan balap liar cenderung meningkat. Dengan kehadiran polisi di lapangan, sehingga dapat memberikan efek jera dan mencegah niat jahat,” ungkap Iptu Eko.

Baca Juga  Patroli Sekolah, Cegah Cluster Baru Penyeberan covid-19 di Lingkungan Sekolah

Pemeriksaan Pengendara dan Imbauan Keselamatan

Selama patroli, tim tidak hanya melakukan pemantauan, tetapi juga memeriksa secara selektif pengendara yang melintas. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya pengendara yang membawa senjata tajam (sajam) atau barang-barang berbahaya lainnya yang berpotensi digunakan untuk tindakan kriminal.

Selain itu, tim juga memberikan imbauan kepada para pengendara untuk selalu waspada dan berhati-hati, terutama saat berkendara di jam-jam rawan. Kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dan keamanan berkendara sehingga dapat menjadi salah satu faktor penting dalam menekan angka kecelakaan dan tindak kejahatan di jalan raya.

Sinergi dengan Masyarakat untuk Kamtibmas Kondusif

AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat, menambahkan bahwa upaya menjaga kamtibmas tidak bisa hanya dari pihak kepolisian semata. Sinergi dengan masyarakat sangatlah penting.

Baca Juga  Informasi Indikasi PMK di Desa Mareje Timur, Bhabinkamtibmas Lakukan Pengecekan

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Laporkan segera jika melihat atau mengetahui adanya potensi tindak kejahatan atau gangguan kamtibmas lainnya,” imbau AKP Gumiarsana.

Patroli Perintis Presisi yang rutin dilakukan Polres Lombok Barat telah menunjukkan dampak positif yang signifikan. Selain itu, aksi balap liar yang kerap terjadi di beberapa titik rawan juga berhasil menekannya.

Hal ini tentu saja mendapat apresiasi dari masyarakat. Banyak warga yang merasa lebih aman dan nyaman dengan kehadiran polisi di tengah-tengah mereka, terutama pada jam-jam rawan.

Komitmen Berkelanjutan Polres Lombok Barat

Iptu Eko Nugroho menegaskan bahwa Patroli Perintis Presisi akan terus dilakukan secara berkesinambungan. Polres Lombok Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat.

Baca Juga  Masa Tenang Pemilu 2024, Panwascam Gerung, PKD, dan Pol PP Bersatu Bersihkan APK di Lombok Barat

“Kami akan terus berinovasi dan mengembangkan strategi patroli agar lebih efektif dan efisien. Tujuan kami adalah menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh masyarakat Lombok Barat,” tutup Iptu Eko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *