Berita

Polsek Sekotong Membangun Kemitraan dengan Calon Tenaga Kerja ke Luar Negeri melalui Kegiatan Jumat Curhat

×

Polsek Sekotong Membangun Kemitraan dengan Calon Tenaga Kerja ke Luar Negeri melalui Kegiatan Jumat Curhat

Sebarkan artikel ini
Polsek Sekotong Membangun Kemitraan dengan Calon Tenaga Kerja ke Luar Negeri melalui Kegiatan Jumat Curhat

Lombok Barat, NTB – Polsek Sekotong melaksanakan kegiatan Jumat curhat sebagai bagian dari upaya pembinaan kamtibmas dan membangun kemitraan dengan Kelompok Masyarakat dan Calon Tenaga Kerja ke Luar Negeri.

Kegiatan ini bertempat di Dusun Longlongan, Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (16/6/2023).

Mereka disambut baik oleh kelompok masyarakat dan calon tenaga kerja ke luar negeri. Kapolsek Sekotong Iptu I Kedek Sumerta, SH memberikan kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal terkait ketenagakerjaan di luar negeri serta unek-unek terkait kinerja kepolisian dan bhabinkamtibmas di desa.

Kemudian, memberikan penjelasan singkat tentang permasalahan dalam ketenagakerjaan di Indonesia yang sering kompleks dan membutuhkan penyelesaian yang mendalam.

Baca Juga  Program Jumat Curhat Kapolsek Gerung, Sinergi Polisi dan Tukang Ojek Pangkalan Gerung Bersatu

“Kami dari Kepolisian mengingatkan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengharapkan kerjasama yang baik antara polsek dan masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga mengingatkan Pemilihan lokasi kegiatan di Dusun Longlongan merupakan upaya untuk mempererat hubungan antara polsek dan kelompok masyarakat. Serta calon tenaga kerja ke luar negeri.

Selama kegiatan berlangsung, beberapa calon tenaga kerja ke luar negeri mengungkapkan curhatan mereka.

Salah satu pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara mengetahui apakah perusahaan jasa pelayanan TKI itu resmi atau tidak. Pertanyaan lainnya adalah terkait dengan penyelesaian masalah di tempat kerja dan instansi yang dapat diadukan atau dikonsultasikan.

Menyikapi Hal tersebut, Kapolsek Sekotong menekankan pentingnya memastikan legalitas perusahaan sebelum menerima tawaran kerja dari pihak sponsor atau agen perusahaan.

Baca Juga  Sebagai Bentuk Pelayanan, Polsek Kuripan Laksanakan Pengaturan Lalu Lintas Pagi di Simpang 3 Sedayu

“Kami sarankan agar bapak/ibu yang berkeinginan untuk bekerja ke luar negeri menggunakan layanan ketenagakerjaan resmi. Layanan kontrak ketenagakerjaan yang dapat memberikan perlindungan dan sebagai langkah preventif terjadinya masalah ketenagakerjaan di perusahaan,” katanya.

Kontrak ketenagakerjaan ini mencakup syarat kerja, hak, dan kewajiban bagi para pekerja dan pengusaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *