BudayaKabar DesaLombok BaratNewsSinergitas Pemda TNI POLRISosial Budaya

Nyongkolan di Gerung Padat Namun Lancar, Polsek Gerung Sukses Lakukan Pengamanan

×

Nyongkolan di Gerung Padat Namun Lancar, Polsek Gerung Sukses Lakukan Pengamanan

Sebarkan artikel ini
Nyongkolan di Gerung Padat Namun Lancar

Lombok Barat, NTB – Polsek Gerung mengamankan kegitan Tradisi Nyongkolan di  jalan raya Gatot Subroto di Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

Dalam kegiatan pengamanan ini melibatkan personel anggota Polsek Gerung bersama Bhabinkamtibmas Desa Giri Tembesi dan Babinkamtibmas Kelurahan Gerung Selatan.

Mengamankan dan memonitoring kegiatan tradisi adat nyongkolan yang diadakan oleh warga masyarakat.

Kapolsek Gerung AKP Agus Pujianto, S.Pd., MH., menjelasakan jajarannya melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas selama kegiatan tradisi adat nyongkolan berlangsung.

“Kegiatan nyongkolan ini melibatkan masyarakat Dusun Gumese, Desa Giri Tembesi, dan Lingkungan Perigi, Kelurahan Gerung Selatan,” ungkapnya.

Untuk memastikan kelancaran pelaksanaannya, Jajaran Kepolisian bekerja keras untuk mencegah terjadinya kemacetan yang mungkin timbul akibat kegiatan nyongkolan.

“Selain itu kita antisipasi potensi gesekan selama pelaksanaannya, sehingga para pengguna jalan lainnya dapat melintas dengan aman tanpa hambatan,” imbuhnya.

Selain itu, mereka juga melakukan pengawasan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas lainnya.

Kegiatan tradisi adat nyongkolan ini melibatkan peserta sekitar 150 orang. Mulai perjalanan dari depan SMPN 1 Gerung, menuju rumah mempelai wanita.

Rute meliputi jalan raya Gatot Subroto, dengan pengiringan kesenian tradisional Gendang Belek dan Kecimol yang mengiringi prosesi nyongkolan.

Meskipun kegiatan tradisi adat nyongkolan ini berlangsung dengan ramai. Namun acara tersebut tetap berjalan dengan aman dan lancar. Berkat pengamanan yang ketat dan koordinasi yang baik antara kepolisian dan masyarakat.

Kegiatan tradisi adat nyongkolan tersebut berakhir pada pukul 18.00 Wita. Kapolsek Gerung, AKP Agus Pujianto, menyampaikan rasa bangganya terhadap keberhasilan pengamanan dan kerjasama yang solid antara kepolisian dan masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih kepada warga masyarakat yang telah mendukung dan menjaga keamanan selama pelaksanaan tradisi adat nyongkolan. Kebersamaan kita dalam menjaga dan memelihara tradisi budaya kita merupakan bentuk kebanggaan dan cinta terhadap warisan leluhur,” ujar Kapolsek Gerung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *