by

Vaksinasi lansia di lembar, Pemeriksaan Kesehatan terhadap lansia diperketat

Lembar – Vaksinator TNI,Polri dan Pemda Lobar, kebut pelaksanaan Vaksinasi di Wilayah Lombok Barat, dalam rangka percepatan vaksinasi lansia.

Kapolsek Lembar Iptu Boy Ari Purnomo, SH mengatakan dalam pelaksanaannya dipantau langsung oleh Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK, Selasa (27/4/2021).

“Mengerahkan Vaksinator TNI-Polri bersama UPT BLUD Puskesmas Jembatan Kembar, dengan sasaran Lansia dan kali ini dilakukan di  bertempat di Pura Banjar Dsn. Karanganyar Ds. Jembatan kembar Kec. Lembar Kab. Lobar,” ungkapnya

Untuk mempermudah pelaksanaan vaksinasi, menerapkan secara mobile dan memfasilitasi antar jemput dengan skala prioritas manula.

“Karena dinilai rentan, untuk manula skala prioritas dilakukan antar jemput, untuk memastikan kemanan pelaksanaan vaksinasi,” ungkapnya.

Vaksinasi Covid-19 lansia ini masih merupakan dosis tahap pertama, sesuai yang terdaftar atau target vaksinasi di Wilayah Lembar.

“Adapun targetnya menyasar tehadap 30 Orang lansia, yang dipastikan hadir sekitar 28 orang, sedangkan yang berhasil divaksinasi sebanyak 19 orang,” jelasnya.

Sisanya, sebanyak 9 orang mengalami penundaan, karena factor Kesehatan, dimana dalam vaksinasi terhadap lansia dilakukan secara ketat.

“Sesuai dengan prosedur Protokol Kesehatan, sebelum Vaksinasi dilaksanakan, tenaga kesehatan melakukan sterilisasi ruangan atau tempat yang akan digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi,’ imbuhnya.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan Kesehatan, meliputi tekanan darah serta penyakit yang diderita seperti jantung, diabetes, dan ginjal untuk memastikan keamanan dalam vaksinasi Covid-19.

“Berdasarkan Informasi dan Data dari vaksinator TNI, Polri dan pemda Lobar, jenis vaksin covid-19 yang diberikan produksi sinovac,” terangnya.

Sebelumnya, Target dan data penerima vaksinasi telah terdaftar, dan untuk validasi penerima vaksin diwajibkan untuk membawa kartu identitas seperti KTP ataupun Kartu Keluarga.

“Setelah dilaksanakan vaksinasi yang bersangkutan melakukan observasi selama 30 menit, dalam masa 30 menit tersebut akan dilihat bila terdapat kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI),” imbuhnya.

Saat ini, sisa Vaksin Covid -19 produksi sinovac di UPT BLUD Puskemas Jembatan Kembar sebanyak 4 Vial, dimana sisa Vaksin tersebut disimpan ditempat khusus gudang obat-obatan di Puskesmas Jembatan Kembar Kec. Lembar Kab. Lobar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed