Kesehatan

Vaksinasi di Sekotong, Tim Vaksinator Dihadapkan Rumah Warga yang Berjauhan

×

Vaksinasi di Sekotong, Tim Vaksinator Dihadapkan Rumah Warga yang Berjauhan

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Dalam perecepatan Vaksinasi di Kecamatan Sekotong, kali ini Tim Vaksinator melaksanakannya di Desa Batu Putih, Desa Persiapan Blongas, Desa persiapan Pengantap, dan Desa Buwun Mas, Kamis (21/0/2021).

Dimana, karakteristik Geografi di Sekotong dihadapkan dengan berbagai macam landscape, mulai dari pantai hingga perbukitan dan pegunungan.

Kapolsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan tantangan utama tim vaksinator ini adalah, kondisi rumah warga yang saling berjauhan.

“Selain kondisi alamnya yang berupa perbukitan, letak rumah warga yang saling berjauhan juga menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan vaksinasi disini, ,” ungkapnya.

Namun, Kapolsek menegaskan bahwa kondisi tersebut tidak menghalangi semangat Tim Vaksinator dalam mengahadapi tantangan ini, sehingga memperoleh hasil yang cukup memuaskan.

“Kondisi ini tentunya telah kami ketahui sebelumnya, sehingga telah mengambil Langkah-langkah untuk tetap memaksimalkan kegiatan vaksinasi ini,” ucapnya.

Sehingga, jauh-jauh hari sebelumnya, Tim Vaksinator di Kecamatan Sekotong, telah membangun koordinasi yang kuat dengan aparatur setempat, mulai dari tingkat kecamatan, hingga tingkat RT.

“Caranya, membangun Kerjasama dengan Kadus dan RT setempat, terutama dalam pendataan, sehingga saat pelaksanaannya, bisa lebih tepat sasaran,” katanya.

Sehingga didapat data yang valid, antara warga yang sudah mendapatkan vaksin atau yang belum mendapatkannya, serta mengetahui keberadaan yang bersangkutan.

“Sistemnya jemput bola, sehingga pada saat pelaksanaannya, tinggal memobilisasi masyarakat, dan pelaksanaan vaksinasi menjadi lebih efektif, walaupun dengan kondisi seperti ini,” katanya.

Alhasil, dari hasil vaksinasi yang digelar di empat Desa tersebut, sebagian besar sesuai dengan target yang telah direncanakan.

“Lebih tertarget, Jelas sasarannya, dan tentunya lebih memudahakan dalam mendapatkan layanan vaksinasi ini,” pungkasnya.

Dalam mobilisasi ini sendiri, untuk memudahkan Masyarakat terkait tansportasi, pihaknya tidak segan-segan turun berperan sebagai pengojek Masyarakat.

“Terutama untuk Masyarakat yang kesulitan terkait transportasi, dari Polsek Sekotong dan BKO Polres Lombok Barat, melakukan antar jemput menggunakan Kendaraan Trail,” ujarnya.

Adapun hasil pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Tim Nakes Puskesmas Sekotong dan Puskesmas Pelangan di Wilayah Kecamatan Sekotong, dengan capaian 1.642 dosis.

“Melayani vaksinasi tahap I dan II di Gerai Vaksinasi yang telah disiakan, menyesuaikan dengan jadawal dan dengan data yang diperoleh sebelumnya,” katanya.

Tim Nakes Puskesmas Pelangan, kebagian melakukan vaksinasi di Desa Batu Putih, diantaranya di SDN 1 Batu Putih, SMPN 5 Sekotong dan Ponpes Aswaja.

“Secara keseluruhan menargetkan sebanyak 750 dosis di Desa Baru Putih, dengan capaian sebanyak 832 Orang, sehingga di Desa Batu Putih bisa dikatakan melebihi target,” katanya.

Sementara, untuk Puskesmas Sekotong, juga melakukan kegiatan vaksinasi di Tiga Lokasi, diantaranya, Aula Kantor Desa Buwun Mas, Aula Kantor Desa Persiapan Belongas, dan Aula Kantor Desa Persiapan Pengantap.

“Ditiga Lokasi ini, capaian secara keseluruhan sebanyak 810 Orang, terdiri dari 779 orang menerima dosis pertama, sedangkan 31 orang lainnya menerima Dosis kedua,” terangnya.

Sehingga secara keseluruhan capaian vaksinasi di Wilayah Kecamatan Sekotong sebanyak 1.642 Orang dengan rincian 1.573 Orang menerima dosis pertama dan 69 lainnya menerima dosis kedua.

“Sedangkan untuk stok vaksin yang dimiliki saat ini sebanyak 2.042 Dosis untuk di Wilayah kecamatan sekotong,” tandasnya.

Dalam kegiatan vaksinasi ini Waka Polres Lobar Kompol Taufik, SIP., Camat sekotong L. Pardite Utama. SE, Danramil 06 sekotong Kapt. Inf. I MD Suandi, Kasat pol air polres lobar Iptu Turmuzi, Para Kapuskesmas dan Para Kades turun langsung di Lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *