by

Sebanyak 157 Orang lakukan Pendaftaran Vaksin Covid di Lembar

Lombok Barat, NTB – Dalam percepatan Vaksinasi di Kabupaten Lombok Barat, Jajaran Polsek Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB melakukan pemgamanan dan monitoring di BLUD Puskesmas Jembatan Kembar Lembar.

 

Kapolsek Lembar Iptu Boy Ari Purnomo, SH mengatakan, dalam pendaftaran vaksin covid kali ini, diikuti oleh 175 orang, namun beberapa mengalami penundaan, Kamis (19/8/2021).

 

“Dari 175 orang yang melakukan pendaftaran vaksin covid, sebanyak 11 orang mengalami penundaan, karena factor Kesehatan,” ungkapnya.

 

Boy menjelasakan bahwa, dalam pelaksanaannya untuk dosis I nihil, sehingga sebanyak 164 orang berhasil divaksinasi.

 

“Terdiri dari Masyarakat umum sebanyak 157 Orang, lansia satu orang, dan tenaga pendidik atau guru sebanyak enam orang,” ucapnya.

 

Boy menegaskan bahwa, dalam pelaksanaannya, jajarannya turut melakukan pengawasan terkait protocol Kesehatan.

 

“Prosesdurnya diperketat, sebelum Vaksinasi tenaga kesehatan Puskesmas Jakem melakukan sterilisasi ruangan atau tempat yang akan digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi,” katanya.

 

Selanjutnya melakukan pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah serta penyakit yang diderita seperti jantung, diabetes, dan ginjal untuk memastikan keamanan dalam vaksinasi Covid-19.

 

“Sehingga, berdasarkanhasil pemeriksaan 11 orang tersebut mengalami penundaan, dan menurut Kepala Puskesmas jembatan Kembar, Vaksinasi akan dilakukan bila kondisi Kesehatan benar-benar menungkinkan,” terangnya.

 

Adapun jenis vaksin yang digunakan yaitu produksi Sinovac, dan untuk pelaksanaan Vaksinasi dilaksanakan langsung oleh tenaga kesehatan Puskesmas Jakem.

 

“Dalam pendaftaran vaksin covid, peserta penerima vaksin diwajibkan untuk membawa kartu identitas seperti KTP ataupun KK,”imbuhnya

 

Setelah dilaksanakan vaksinasi yang bersangkutan melakukan observasi selama 30 menit, dalam masa 30 menit tersebut akan dilihat bila terdapat kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

 

“Untuk penggunaan Vaksin COVID-19 produksi sinovac di UPT BLUD Puskemas Jakem, hari ini sebanyak 16 MDV dan sisa stok Vaksin COVID-19  sebanyak 38 MDV,” ujarnya.

 

Dari hasil keterangan dari penanggung jawab penyimpanan, dimana sisa Vaksin tersebut disimpan ditempat khusus gudang obat-obatan di Puskesmas Jembatan Kembar, dengan suhu dibawah 8 derajat celsius.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed