by

Pelabuhan Lembar Bersiap, Sambut Gelaran Super Bike dan MotoGP Mandalika

Lombok Barat, NTB – Pelabuhan Lembar, Lombok Barat turut mempersiapkan diri, dalam menyambut dan mendukung kesiapan gelaran Super Bike dan MotoGP Mandalika.

Hal ini dikemukakan oleh GM. PT ASDP Cabang Lembar M.Yasin, saat menerima kunjungan Dirjen Angkutan Jalan Kementrian Perhubungan Darat (Hubda), Sabtu (11/9/2021).

“Saat ini, PT ASDP sudah melakukan proses lelang vasilitas Pelabuhan Lembar-Padangbai , Kayangan, dan Timur Wilayah Sape,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Pelabuhan Lembar sendiri, sebanyak 26 kapal yang melayani lintas Lembar- Padangbai dan 5 kapal rute ke Ketapang – Lembar.

“Sehingga, menurut analisa kami, mempunyai potensi menampung 15 ribu orang dan untuk saat ini aktivitas sangat sepi di Pelabuhan Lembar,” katanya.

Bila ada lonjakan penumpang, akam memaksimalkan trip kapal, dan akan merenovasi fasilitas ruang tunggu agar lebih baik lagi.

“Untuk kapasitas, dari 17 Trip kapal bisa kami maksimalkan menjadi  20 trip,” imbuhnya.

Demikian juga untuk lokasi yang sangat memungkinkan, dalam pengoprasian kapal cepat  Lembar-Padangbai, tepat di depan ruang tunggu pelabuhan lembar.

“Ini dimaksudkan agar saat penumpang turun dari atas kapal, langsung menuju ruang tunggu,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Dirjen Hubda Irjen Pol Budi Setyadi menekankan masalah kaitan e-tiketing.

“Saat ini, kaitan e-tiketing kapal cepat, kita sudah rapatkan sebanyak di batam, untuk pengoprasian  kapal cepat  sangat potelsial di Lembar – Padangbai,” ungkapnya.

Karena, pengoperasian Kapal Cepat, diyakini akan sangat mendunung pelaksanaan Super Bike dan MotoGP mandalika.

“Agar bisa cepat memberikan pelayanan untuk para turis, saya sudah kordinasikan dengan Gapasdap dan inva di jakarta dan mereka setuju,” katanya.

Sedangkan terkait ijin laut, akan membangun Darmaga di Sanur – Bali, IDTC akan mengurus ijin laut dari Mandalika menuju Nusa Dua -Bali.

Saat dikonfirmasi ditempat terpisah, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Iptu Irvan Surahman mengakatan akan mendukung penuh terkai pengamanan.

“Terutama terkait prokes, dengan tetap berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk pengamanannya nanti,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed