Operasi

Operasi Bina Kusuma, Polres Lobar Operasi Tempat Hiburan Malam Senggigi Lakukan Swab Antigen

×

Operasi Bina Kusuma, Polres Lobar Operasi Tempat Hiburan Malam Senggigi Lakukan Swab Antigen

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat – Jajaran Polres Lombok Barat, Polda NTB, melakukan Swab Antigen, menyasar Kawasan Wisata Senggigi dalam Operasi Bina Kusuma Rinjani 2021, Rabu (9/6/2021).

Kegiatan Operasi yang mengedepankan cara preemtif, dimana melakukan pembinaan terhadap kelompok maupun komunitas dan bagian masyarakat.

Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Bagus S. Wibowo, SIK melalui Kasat Binmas Iptu Wahyu Indrawan, S. Sos., mengatakan Pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Rinjani 2021 Polres Lombok Barat menyesuaikan dengan perkembangan saat ini, Kamis (10/6/2021).

“Dimasa Pandemi saat ini, tentunya menyesuaikan dengan situasi saat ini, sehingga segala bentuk kegiatan kita, tetap memprioritaskan protocol Kesehatan, bersinergi dengan Dinas Kesehatan Lobar” ungkapnya.

Dimana, Operasi Bina Kusuma ini untuk mengantisipasi terjadinya kenakalan remaja, premanisme, penyalahgunaan narkoba, dan penyakit Masyarakat di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat.

“Dalam kegiatan Operasi di Kawasan Wisata Senggigi, melakukan pembinaan di beberapa tempat wisata, termasuk tempat hiburan malam, dengan mengedepankan cara preemtif,” terangnya.

Kali ini pembinaan dilakukan memalui pendekatan berbeda yang dilakukan oleh Jajaran polres Lombok barat, yang dirangkaikan dengan melakukan Swab Antigen, kepada pekerja maupun pengunjung di Kawasan Wisata Senggigi.

“Terutama tempat hiburan malam, sangat rentan kenakalan remaja, premanisme, penyalahgunaan narkoba, dan penyakit Masyarakat, tentunya termasuk dalam penerapan prokes,” terangnya.

Wahyu menjelaskan cara bertindak dalam kegiatan Operasi ini, diantaranya memberikan himbauan kamtibmas dan penerapan prokes, pemeriksaan identitas pengunjung dan pekerja.

“Barang-barang bawaan juga diperiksa, untuk mengantisipasi penyalah gunaan narkoba, sajam, maupun barang berbahaya lainnya,” katanya.

Untuk diketahui bahwa, beberapa waktu silam, Polres Lombok Barat berhasil mengungkap Tindak Pidana Perdagangan Orang, yang mempekerjakan anak dibawah umur di salah satu Café di Senggigi.

“Inilah yang kita antisipasi, agar tidak terulang lagi, sehingga dilakukan pemeriksaan identitas secara ketat, kepada semua pekerja yang ada di tempat hiburan malam ini,” ucapnya.

Sedangkan kegiatan Testing dalam pencegahan covid-19, Swab Antigen dilakukan oleh Nakes Puskesmas Meninting, terhadap 25 orang di empat tempat hiburan malam yang ada di Kawasan Wisata Senggigi.

“Secara umum berjalan denga naman dan lancar, dari hasil testing yang kita lakukan, sebanyak 25 orang tersebut dinyatakan negative terkonfirmasi covid-19,” tandasnya.

Menurutnya, langkah ini diambil untuk memastikan Protokol Kesehatan benar-benar diterapkan dengan baik, dan untuk kemajuan Pariwisata di Lombok Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *