by

Cuaca Buruk, Polres Lobar Tingkatkan Kesiapsiagaan sebagai Langkah Peringatan Dini

Lombok Barat, NTB – Menyikapi perkembangan cuaca, di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat akhir-akhir ini, ditindak lanjuti oleh Jajaran Polres Lombok Barat, Polda NTB, dengan meningkatkan Kesiapsiagaannya, Rabu (23/6/2021).

 

Ini diungkapkan oleh Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus S. Wibowo, SIK melalui Kabag Ops AKP Dhafid Shiddiq, S.H., S.I.K. yang mengatakan bahwa, kesiapsiagaan melalui kegiatan patroli, memantau perkembangan situasi cuaca.

 

“Mengingat situasi cuaca di Wilayah Hukum Polres Lobar dan sekitarnya, diman terjadi hujan cukup deras dan berlangsung cukup lama,” ungkapnya.

 

Sehingga segera mengerahkan Polsek Jajaran untuk selalu memantau situasi terkini wilayahnya, sebagi bentuk peringatan dini kepada Masyarakat, bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

 

“Selain melalui peningkatan intensitas patroli, juga memaksimalkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan pemantauan, minimal sebagai peringatan dini bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

 

Seperti pengalaman sebelumnya, hujan deras yang terjadi selalu menimbulkan dampak, yang dapat mebahayakan Masyarakat, terlebih bila hujan deras berlangsung cukup lama.

 

“Sebagai langkah antisipasi, seperti Banjir, Pohon tumbang, Longsor dan Bencana yang lain, yang tentunya dapat mengancam keselamatan Masyarakat,” pungkasnya.

 

Seperti yang diketahui bahwa, di Wilayah Sekotong sebelumnya pernah terjadi Banjir dibeberapa Desa dan di Senggigi berpotensi terjadinya tanah longsor.

 

“Kecelakaan lalulintas juga sangat berpotensi terjadi, dalam cuca normal saja kerap terjadi kecelakaan lalulintas, seperti yang terjadi baru-baru ini di jalan By Pass BIL II,” katanya.

 

Sehingga, kepada pengendara kendaraan bermotor, dihimbau untuk lebih berhati-hati dalam memacu kendaraannya, dimana hujan deras menyebabkan jalanan dalam kondisi licin.

 

“Upaya yang dilakukan, baik melalui kegiatan mobiling memantau perkembangan debit air, maupun melakukan penggelaran personel, di Lokasi yang dianggap berpotensi terjadinya kecelakaan lalulintas,” ujarnya.

 

Dari hasil pemantauan sementara, perkembangan cuaca di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat tetap landai, namun demikian pemantauan tetap dilakukan hingga dipastikan cuaca benar-benar membaik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed