Bersiap Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran, Polisi Perbanyak kegiatan Preventif

Bersiap Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran, Polisi Perbanyak kegiatan Preventif

Lombok Barat NTB – Dalam menyikapi perkiraan puncak arus balik Lebaran 2022, jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar bersama Pos Pelayanan Lembar mempersiapkan langkah antsipasi, Jumat (7/5/2022).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Irvan Surahman, S.Trk mengatakan langkah antisipasi cenderung kepada Cara Bertindak dalam pencegahan.

“Mengecek kesiapan lokasi-lokasi bila terjadi peningkatan arus penyeberangan, sehinga nantinya bila terjadi puncak arus balik, dapat mengantisipasinya,” ungkapnya.

Antara lain melakukan kegiatan patroli Blue Light, memantau pada tiga lokasi Dermaga yang ada di Pelabuhan Lembar.

Menyisir pada tiga Lokasi Dermaga di pelabuhan lembar antara lain Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan ASDP lembar dan Pelabuhan Pelindo III.

“Di Sela kegiatan patroli juga berdialogis dengan pengguna Jasa  untuk memberikan pesan-pesan kamtibmas. Serta agar selalu mematuhi Prokes covid 19 untuk mencegah penularan covid 19,” ucapnya.

Juga memperketat Pengamanan di tempat pembelian tiket dan  monitoring Pelaksanaan Penerapan aplikasi Peduli Lindungi.

“Sesuai dengan pemberlakukan SE Satgas Covid-19 No 16 Tahun 2022, tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada masa Pandemi di  Pelabuhan PT ASDP Lembar,” imbuhnya.

Tujuan pengamanan ini adalah untuk mengantisipasi adanya premanisme dan calo serta memastikan Scan Bardcode aplikasi Peduli Lindungi tetap berjalan dengan baik.

“Juga untuk memberi rasa aman kepada pengguna jasa kapal yang hendak membeli tiket. Kemudian  melakukan Pemeriksaan Surat -Surat Kendaraan (SIM dan STNK) antisipasi kendaraan hasil kejahatan,” terangnya.

Melakukan pengecekan Surat Keterangan Rapid Tes antigen dan sertifikat vaksin minimal tahap I atau dosis pertama bagi penumpang perorangan.

“Baik pengguna kendaraan Roda Dua maupun Roda Empat dan Pejalan kaki. Juga memberikan himbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna  mencegah penularan Covid-19,” katanya.

Tindakan ini juga berlaku dalam pemuatan kendaraan, yakni melakukan pengecekan Surat- surat kendaraan. Serta Pengecekan Surat Keterangan Rapid Tes antigen dan sertifikat vaksin bagi penumpang perorangan.

Juga memberikan himbauan kepada pengguna jasa penumpang di atas kapal untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama dalam pelayaran guna mencegah penularan Covid-19.

“Secara umum dalam proses bongkar muat di Pelabuhan Lembar masih berjalan normal dan landai, belumterlihat tanda-tanda peningkatan aktifitas di Pelabuhan Lembar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.